Kamis, 11 Desember 2014

PENELITIAN KOPERASI MAHASISWA POLITEKNIK NEGRI JAKARTA

DISUSUN OLEH :
SAID FICKRI HAKIM 
HILMI FEBRIANSYAH
2EB07

KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah  SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya, penulis dapat menyelesaikan Laporan Penelitian mengenai Koperasi ini dengan baik.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan Penelitian mengenai Koperasi ini masih banyak  kesalahan dan kekurangan. Namun berkat kesabaran, ketelitian, kecermatan, dan dukungan dari semua pihak dalam pembuatan Laporan Penelitian mengenai Koperasi ini, sehingga dapat diselesaikan, Untuk itu penulis mengucapkan terimakasih kepada:

1.  Kopma ADIL Poloteknik Negri Jakarta beserta jajaran keanggotaan koperasi didalam nya
Yang telah mau memberikan waktu  kepada  kami untuk melakukan penelitian di kopma ADIL PNJ.

Semoga apa yang telah di berikan, mendapatkan balasan dari Allah SWT, sekaligus penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terwujudnya tugas laporan ini. Semoga bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya, serta penulis menerima saran dan kritik dari berbagai pihak yang bersifat membangun agar tercapainya kesempurnaan tugas laporan ini.

2014
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   
                                                                                                                                                                                                                                                                                                  PENYUSUN      
                                                                                                                                                                     
 BAB I
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG
Dikarenakan sangat penting-nya melaporkan hasil pekerjaan dari tugas-tugas yang telah diberikan kepada Mahasiswa, maka dengan tersusun-nya laporan penelitian mengenai Koperasi ini mahasiswa diharapkan bisa membuat laporan yang benar dan mahasiswa juga dituntut untuk bertanggung jawab terhadap tugas-nya.
Laporan penelitian Koperasi ini dibuat untuk memenuhi salah satu syarat nilai dalam mata kuliah Ekonomi Koperasi.
Yang melatar-belakangi dalam pembuatan laporan ini adalah:
1.      Memenuhi salah satu syarat nilai dalam mata kuliah Ekonomi Koperasi #.
2.      Melaporkan hasil dari tugas-tugas yang telah dilaksanakan.
3.      Sebagai bukti tertulis  dari kegiatan yang sudah dilakukan.
4.      Meneliti dan melihat secara langsung kegiatan Koperasi di Lingkungan Kampus PNJ.

1.2  RUANG LINGKUP
      Pembatasan Ruang Lingkup penulisan Tugas Laporan ini mencangkup :
·         Sejarah mengenai pembentukan Koperasi dilingkunan kampus PNJ.
·         Sistem yang bergerak dalam Koperasi tersebut.

1.3  MAKSUD DAN TUJUAN
      Maksud dari pembuatan laporan ini adalah tidak lain untuk memberi pengenalan tentang Koperasi dilingkungan Kampus  sekitar, menambah wawasan dan pengetahuan dibidang ilmu koperasi dan menuntut mahasiswa agar terbiasa mengenal dan mempelajari seluk-beluk kegiatan koperasi. Dan yang menjadi tujuan tugas laporan ini, yaitu :
1.      Untuk mengetahui Sejarah Koperasi di dalam lingkungan kampus .
2.      Untuk mengetahui struktur organisasi di lingkungan kampus.
3.      Untuk mengetahui sistem yang dijalankan koperasi di lingkungan kampus.
4.      Untuk mengetahui secara langsung tata cara kegiatan ekonomi koperasi di lingkungan kampus.



 1.4  WAKTU PELAKSANAAN
Teknik pengumpulan data yang dipergunakan oleh penyusun antara lain :
1.      Observasi, cara pengumpulan data laporan dengan mengadakan tugas pencatatan serta penelitian secara langsung terhadap objek untuk mendapatkan data yang lebih akurat juga melihat bukti dari kegiatan transaksi koperasi di dalam kampus .
2.      Wawancara, mengajukan pertanyaan-pertanyaan atau tanya jawab langsung dengan pihak yang bersangkutan, yaitu dengan wakil koperasi.
3.      Dokumentasi, menganalisis dokumen/data-data yang berkaitan dengan transaksi-transaksi keuangan dan gambar kegiatan opersional koperasi kampus PNJ.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1 SEJARAH KOPERASI
Koperasi Mahasiswa ADIL Politeknik Negeri Jakarta (KOPMA ADIL PNJ) secara resmi didirikan pada tanggal 19 Agustus 1999 dengan Surat Keputusan Menteri Koperasi, Pengusaha Kecil Menengah Republik Indonesia NO: 335/BH/KDK.9.4/VIII/1999 yang sebelumnya bernama Bursa Mahasiswa Politenik Universitas Indonesia. Meskipun usianya masih muda, satu-satunya lembaga kemahasiswaan yang bergerak di bidang kewirausahaan di kampus ini, telah mempunyai kelengkapan administrasi layaknya sebuah perusahaan formal. Dengan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) NO: 112/09-04/PK/III/2000 dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) N : 1.908.694.1-403, sebenarnya KOPMA ADIL PNJ dapat mengembangkan usahanya dengan "leluasa", meski harus diakui kelengkapan administrasi yang dimiliki tersebut belum dimanfaatkan secara optimal.

ADIL itu artinya Amanah Dan ILmiah, sebuah akronim yang menggambarkan tekad yang tulus dalam mengemban amanah dengan penuh tanggung jawab dengan menerapkan nilai-nilai ilmiah dalam manajemen keorganisasian. Amin.

Disamping sebagai institusi yang independen, KOPMA ADIL PNJ juga merupakan salah satu lembaga kemahasiswaan di lingkungan IKM PNJ denagn status Badan Otonom (BO).


Ciri – ciri koperasi dilingkungan kampus
Ø  Perkumpulan mahasiswa
Ø  Pembagian keuntungan menurut perbandingan koperasi.
Ø  Modal nya tidak tetap, berubah menurut banyaknya simpanan anggota.
Ø  Tidak mementingkan pemasukan modal/pekerjaan usaha tetapi keanggotaan-nya berprinsip kebersamaan dan sifat saling tolong-menolong.
Ø  Setiap anggota bebas untuk masuk/keluar (anggota berganti) sehingga dalam koperasi tidak terdapat modal permanen.
Ø  Koperasi kampus  ini tidak berlandaskan badan hukum tetapi hanya berlandaskan asas kekeluargaan.
Ø  Penanggung jawab koperasi adalah pengurus.
Ø  Koperasi bukan kumpulan modal beberapa orang yang bertujuan mencari laba sebesar-besarnya.
Ø  Koperasi adalah usaha bersama kekeluargaan dan kegotong-royongan. Setiap anggota berkewajiban bekerja sama untuk mencapai tujuan yaitu kesejahteraan para anggota.
Ø  Kerugian dipikul bersama antara anggota. Jika koperasi menderita kerugian, maka para anggota memikul bersama. Anggota yang tidak mampu dibebaskan atas beban/tanggungan kerugian. Kerugian dipikul oleh anggota yang mampu.

2.2 SISTEM KOPERASI
Sistem koperasi di PNJ ini adalah dengan merekrut anggota aktif :
Angota kopma dibagi menjadi dua, yaitu :
1.  Anggota aktif
2. Anggota pasif
Anggota pasif adalah anggota yang hanya membayar simpanan pokok saja simpanan pokok yang dibayarkan sebesar Rp. 15.000 hanya satu kali ketika pendaftaran.

Anggota aktif KOPMA adalah anggota yang sudah membayar simpanan wajib.
Langkah- langkah menjadi anggota Aktif    :
1.     Hubungi kepala divisi/wakil divisi SDM atau datang ke sekret KOPMA Adil PNJ
2.      Meminta form opening investment
3.       Menyerahkan persyaratan yang diperlukan, seperti :
A.      Memberikan uang simpanan pokok sebesar Rp. 15.000, simpanan wajib sebesar Rp. 10.000 , dan biaya adminitrasi sebesar Rp. 5.000 (buku saku dan kartu anggota)
B.      Menyerahkan foto 3x4 sebayak 2 lembar
C.      Menyerahkan formulir pendaftaran yang sudah dilengkapi
4.       Setelah melengkapi data, anggota akan mendapat kartu anggota dan buku saku serta informasi      terkait simpanan wajib
5.       Anggota tercatat aktif sebagai anggota aktif KOPMA ADIL PNJ.

1.3   SISTEM PERHITUNGAN SHU
1.       Setiap kali bertransaksi di kopma adil PNJ, anggota bisa mendapatkan poin SHU sesuai dengan nominal transaksi Rp. 1.000 = 1 poin
2.       Anggota aktif akan mendapat SHU setiap akhir tahun, yaitu sebesar 25% dari laba kopma
3.       Dapat mengikuti kepengurusan (OR Asistensi) dan kepanitian kegitan kopma
4.       Mendapat potongan tiket kegiatan kopma adil PNJ
5.        Mempunyai hak suara pada rapat anggota tahunan
6.       Dapat berjualan di kopma dengan sistem konsiyasi

Perhitungan SHU
Contoh     :
Total laba koperasi                                                          : Rp. 40.000.000
% SHU bagian anggota                                                   : Rp. 10.000.000
Simpanan anggota                                                           : Rp. 55.000
Total simpanan seluruh anggota                                      : Rp.20.000.000
Transaksi anggota                                                            : Rp. 1.000.000
Total transaksi seluruh anggota                                       : Rp. 300.000.000
% SHU untuk simpanan 20% (b)                                     : Rp. 5.000.000
% SHU transaksi untuk SHU anggota 75% (a)                : Rp. 750.000

SHU                                              =  Transaksi (anggota)xa  +  Simpanan anggota x b                                                                                            Total traksaksi              Total simpanan

          = 1.000.000x750.000  +   55.000x5.000.000
     300.000.000                      20.000.000

     =Rp.16.250


 2.4   ANGGOTA KOPERASI

Para anggota koperasi tersebut berasal dari mahasiswa PNJ sekitar dengan hanya menyimpan dan menaruh simpanan pokok dan simpanan wajib setiap bulan-nya yang modal dari simpanan pokok di tentukan berapa nominal yang harus dikeluarkan setiap bulan dan simpanan wajib yang tidak ditentukan berapa nominal-nya hanya bersifat sukarela. Maka para anggota koperasi  berhak menerima keutungan dari simpanan hasil koperasi maupun keuntungan dari sisa hasil usahanya.
           Bagi para maba atau (mahasiswa  baru) yang ingin menjadi anggota koperasi terlebih dahulu harus menaruh simpanan pokok dan simpanan wajib setiap bualan-nya .


2.5 STRUKTUR ORGANISASI  KOPERASI
Koperasi adalah organisasi yang mempunyai kepentingan yang sama bagi para anggotanya. Dalam melaksanakan usahanya, kekuatan tertinggi pada koperasi terletak di tangan anggota, sedangkan dalam badan usaha bukan koperasi, anggotanya terbatas kepada orang yang memiliki modal, dan dalam pelaksanaannya kegiatannya kekuasaan tertinggi berada pada pemilik modal usaha.

Pengurus koperasi dipilih dari kalangan dan oleh anggota dalam suatu rapat anggota
Pengurus tersebut terdiri dari 3 jenjang:
1.       Pengurus
2.       Staf
3.       Dan asistensi

Setiap bulan-nya akan diadakan rapat anggota dan pengurus untuk melakukan usulan-usulan dan membahas kekurangan biaya yang terdapat di laporan keuangan. Dan setiap tahun-nya diadakan rapat anggota yang membahas tentang:
1)      Menentukan suku bunga.
2)      Rencana kerja yang akan datang.
3)      Usulan-usulan pengurus-pengurus seksi yang bisa di sebut Rapat luar biasa.
4)      Laporan keuangan koperasi.

Dan pada setiap  tahun-nya akan dilaksanakan pemilihan pengurus yang baru yang berdasrkan dari hasil voting dan mufakat bersama dan penyerahan tugas dan kewenangan.

2.6  Kegiatan usaha yang terdapat di Kopma Adil ada tiga jenis usaha yaitu :

1. KopMart (Kopma Mini Market)

Sub bidang usaha ini menyediakan kebutuhan mahasiswa dan warga sekitar Politeknik Negeri Jakarta antara lain makanan ringan, minuman, alat tulis kantor (ATK), aksesoris, obat-obatan, dan lain-lain. Dalam pengadaan barang-barang jual diatas bidang usaha bekerjasama dengan pihak agen yang menjual barang dalam jumlah banyak untuk dijual kembali secara eceran.

Selain itu Kopma Adil PNJ juga menggunakan sistem konsinyasi dengan pihak luar ataupun dengan mahasiswa yang ingin menitipkan barang jualnya. Dengan adanya sistem konsinyasi membantu bidang usaha untuk tidak sepenuhnya menanggung kerugian barang yang tidak laku jual seperti barang otorasi.

2. KorTal (Kopma Rental)

Sub bidang usaha ini merupakan penyedia jasa rental yang membantu mahasiswa mengerjakan tugas-tugas kuliah. Rental Kopma Adil PNJ sendiri menyediakan jasa printing, buring, dan scanning. Rental Kopma Adil PNJ didukung dengan fasilitas full AC dengan tempat yang relatif luas, dan kualitas kertas dan tinta untuk jasa printing yang lebih baik, menjadi unggulan Kopma Adil PNJ.

Fasilitas yang ada di rental Kopma Adil PNJ sampai tahun 2011 memiliki 4 komputer aktif, 2 printer untuk di print hitam putih, 1 scanner dan 4 stabilizer. Dalam meningkatkan kualitas pelayanan, perawatan terhadap alat-alat tersebut umumnya dilakukan sebulan sekali.


3. KRC (Kopma Reload Cell)
Sub bidang usaha ini menyediakan jasa pengisian pulsa elektrik dan voucher untuk semua operator telepon seluler sebagai agen pulsa. Selain itu KRC memungkinkan mahasiswa atau warga Politeknik Negeri Jakarta yang ingin menjadi agen pulsa elektrik medaftakan sistemnya di KRC master Kopma Adil PNJ.

KRC agen dikelola oleh karyawan yang juga bekerja untuk rental yang bertugas untuk mencataat transaksi harian dan melayani penjualan pulsa. KRC sebagai master dikelola staf pengurus dengan memonitor transaksi melalui intenet. Dalam pelaksanaan KRC Kopma Adil PNJ bekerjasama dengan United Tronik.



 BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Setelah membaca dan  mempelajari pembahasan diatas saya sebagai penulis penelitian Koperasi ini dapat menyimpulkan bahwa Koperasi merupakan kumpulan orang dan bukan kumpulan modal. Koperasi harus betul-betul mengabdi kepada kepentingan perikemanusiaan semata-mata dan bukan kepada  dasar-nya mencari sebuah keuntungan. Kerjasama dalam koperasi didasarkan pada rasa persamaan derajat, dan kesadaran para anggotanya. Koperasi merupakan wadah demokrasi ekonomi dan sosial. Koperasi adalah milik bersama para anggota, pengurus maupun pengelola. Usaha tersebut diatur sesuai dengan keinginan para anggota melalui musyawarah rapat anggota.
Koperasi sebagai badan usaha dapat melakukan kegiatan usahanya sendiri seperti membuka usaha  dan dapat juga bekerja sama dengan badan usaha lain, seperti perusahaan swasta maupun perusahaan negara.

3.2 SARAN
Diharapkan semua anggota  memiliki sikap mental yang koperatif dalam menjalankan bisnis koperasi dengan mengembangkan sikap Inovatif serta keberanian menanggung segala resiko dan berpegang teguh kepada prinsip Identitas Koperasi.
Dan juga terciptanya koperasi yang jujur, adil, merata maka terpenuhinya kebutuhan anggota koperasi yang memerlukan, khususnya mahasiswa menengah ke bawah dalam kehidupannya sehari-hari  serta meningkatnya kesejahteraan bersama warga kampus, dapat berkembangnya potensi dan kemampuan ekonomi anggota, mencapai kualitas kehidupan yang lebih baik.








1 komentar:

  1. How to make money from gambling online
    Make money งานออนไลน์ from 샌즈카지노 gambling online. We explain how to make money from casino games with our 바카라 help. It's an easy way to make money on the internet.

    BalasHapus