Sabtu, 11 Oktober 2014

FAKTOR PENGHAMBAT BERKEMBANGNYA KOPERASI DIMASYARAKAT








Dalam beberapa faktor yang saya jabarkan ini masih ada lagi hambatan dan rintangaan yang dihadapi dalam mengelola dan menjalankan koperasi didalam masyarakat itu sendiri.

     1.Hambatan Budaya  







          Dalam hambatan ini karena sistem manajemen yang masih tradisional, kurang lincah dan fleksibel. Kualitas SDM yang rendah, serta akses untuk sumber modal itu masih terbatas. Untuk itu pemerintah diharapkan bisa memberikan kemudahan dalam permodalan terhadap koperasi baik itu meminjamkan dari bank atau dengan kerjasama antar kedua belah pihak. Agar koperasi nantinya dapat berkembang dan berjalan dengan baik dan dapat bersaing dengan usaha lain dalam pasar global.
Itulah beberapa hambatan yang kita temui dalam menjalankan koperasi, bisa kita lihat bahwa masalah yang paling menonjol dalam beberapa hambatan dalam koperasi adalah “Modal”. Sepertinya modal menjadi momok yang sangat membuat sebuah koperasi menjadi terhambat dalam perkembangannya. Sehingga para pengurus koperasi harus bisa mencari sumber dana yang bisa memungkinkan koperasi tersebut dapat berjalan dengan baik. 




          Dalam hambatan yang terjadi dalam pengelolaan koperasi tentu sedikit banyak pemerintah kita melakukan perubahan dan perbaikan dalam sistem pengelolaan yang benar dan transparan , serta pengetahuan tentang apa itu koperasi sihingga masyarakat kita bisa lebih cerdas untuk mengelola koperasi, baik yang berada  dikota maupun didesa. Sehingga peran koperasi di dalam perekonomian nasional benar-benar mampu menjalankan perannya dalam  menggerakan ekonomi rakyat dan peran pemerintah, swasta juga dibutuhkan untuk suntikan modal kepada mayarakat yang ingin mendirikan koperasi dilingkungan tempat tinggal mereka agar keakraban,kebersamaan, dan saling tolong menolong yang menjadi ciri khas negara indonesia tidak musnah ditelan zaman. Karana azas yang dianut dalam sistem koperasi adalah kekeluargaan dan kegotong-royongan. Mudah-mudahan tulisan ini menjadi manfaat kepada pembacanya dan menjadi bahan pengetahuan tentang apa saja hambatan yang dialami masyarakat dalam menjalankan dan megelola koperasi. 










Tidak ada komentar:

Posting Komentar